Kamis, 20 November 2014

Kobarkan Semangat Gusti Ngurah Rai

* Ratusan Siswa Sambut Peserta Napak Tilas di Pejeng

PEJENG, Ratusan siswa SD dan SMP se Desa Pejeng menyambut peserta napak tilas Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, Kamis 13 November 2014. Iring-iringan yang membawa pataka dan panji-panji perjuangan Ngurah Rai tiba di Pejeng sekitar pukul 18.00 Wita.
Tampak ratusan siswa  membawa bendera merah putih, berjejer di pinggir jalan mulai dari monumen perjuangan rakyat Pejeng. Mereka menyambut pasukan pembawa panji-panji dan Pataka Ngurah Rai  dengan penuh semangat, sembari mememikkan kata-kata merdeka… merdeka, merdeka, di sepanjang perjalanan.

Ketika memasuki Jaba Puri Pejeng tampak ratusan siswa SMP Santiyoga membawa obor dan bendera merah putih. Diriingi tetabuhan balagenjur, mereka bersiap-siap menyambut pasukan pembawa panji-panji Ngurah Rai untuk bersama-sama menuju ke Tugu Pahlawan Sapta Dharma. Setibanya di Tugu Pahlawan, seluruh peserta menggelar upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga. Setelah itu, pasukan napak tilas Ngurah Rai kembali menuju Gianyar.
Sebelumnya, panji-panji dan pataka Ngurah Rai di arak keliling Gianyar. Dilepas Asisten I Setda Gianyar Cokorda Rai Widiarsa mewakili bupati.

Cok Rai mengatakan, kegiatan Napak Tilas dan  Sarasehan ini merupakan momentum untuk memantapkan penghayatan terhadap nilai-nilai kejuangan oleh pahlawan bangsa. Nilai tersebut tercermin dalam semangat persatuan dan kesatuan, jiwa rela berkorban, mengutamakan kepentingan umum, pantang menyerah dalam pelaksanaan pembangunan.
“Kendati kita sudah merdeka, namun berbagai permasalahan masih harus dihadapi, yaitu kemiskinan, pengangguran, kesehatan, pendidikan, pemerataan pembangunan, dan pelbagai masalah sosial lainnya. Namun,kita tetap yakin semuanya akan terselesaikan. Apabila kita bahu membahu dalam pembangunan,’’ terang Pejabat asal Puri Pejeng itu. (dey)


Tidak ada komentar: