Kamis, 21 Maret 2013

Mantan Bupati Gianyar A.A Gde Putera Meninggal Dunia

(Alm) Anak Agung Gde Putera, SH
PEJENG berduka. Salah seorang putra terbaiknya, A.A Gde Putera, SH., berpulang, akibat terserang penyakit stroke dan komplikasi jantung serta paru yang dideritanya sejak lama. Sebelumnya, mantan Bupati Gianyar periode 1969-1983 ini sempat dirawat di RS Kasih Ibu Denpasar, dan meninggal dunia sekitar pukul 06.20 wita, Kamis (21/3).


Menurut penuturan keluarga, almarhum sebenarnya sudah sakit sejak lama. Walau kondisinya belum pulih benar, namun almarhum selalu menyempatkan diri untuk jalan-jalan ringan sembari menghirup udara segar, tak jauh dari rumahnya. Aktifitas seperti itu sudah menjadi rutinitasnya sejak pensiun sebagai pejabat pemerintah.

Namun pada Selasa (12/3) sore harinya, almarhum mengeluhkan sesak nafas, selanjutnya oleh keluarga dibawa ke rumah sakit. Sempat dirawat selama sehari di RS Kasih Ibu Denpasar, akhirnya almarhum menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 06.20 wita.

Semasa hidup, almarhum yang oleh krama Pejeng akrab disapa Gung Aji Bupati ini dikenal sangat bersahaja, ramah dan akrab dengan seluruh lapisan warga masyarakat. Setelah pensiun sebagai pejabat pemerintah, rupanya tenaganya masih dibutuhkan masyarakat Pejeng. Almarhum pun dipercaya mengemban tugas sebagai Bendesa Pakraman Jero Kuta Pejeng. Selain itu juga  aktif sebagai Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Propinsi Bali. Karena jabatan barunya yang cukup lama diembannya (sebagai bendesa), almarhum pun kemudian oleh kalangan krama Pejeng mulai akrab disapa Gung Kak Bendesa.

Sejumlah jabatan penting sempat dijalaninya saat aktif di pemerintahan, seperti Wakil Kepala Bappeda Propinsi Bali, Bupati Bangli, Kepala Bappeda Propinsi Bali, Kepala Dinas Pariwisata Bali, hingga Kelapa BP7 Bali.

Almarhum meninggalkan 2 orang putra dan 3 putri serta 12 orang cucu. Rencananya upacara pelebon akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2013 mendatang di setra adat Desa Pakraman Jero Kuta Pejeng.

Untuk sementara jasad almarhum masih disemayamkan di kamar jenasah RS Sanglah. Mendengar kabar duka ini, sejumlah pejabat pun menyampaikan ucapan belasungkawa. Di antaranya datang dari mantan Bupati Gianyar Cokorda Oka Artha Ardana Sukawati atau yang akrab disapa Cok Ace. Karangan bunga pun mulai menghiasi rumah duka, di Banjar Pande Pejeng. (dey)

Tidak ada komentar: