Rabu, 06 Maret 2013

Ida Bethara Pura Penataran Sasih Melasti ke Pura Tirtha Empul Tampaksiring


Suasana melasti di Pura Tirtha Empul Tampaksiring.
Gianyar-  Suasana di sekitar jalan menuju Istana Tampaksiring hingga Pura Tirtha Empul, Rabu (6/3) pagi tampak dipadati krama desa Pejeng dan sekitarnya, serangkaian upacara melasti. Upacara melasti dilaksanakan seiring usainya karya piodalan di Pura Penataran Sasih Pejeng.

Sejak pagi sekitar pukul 08.00 wita, suasana di sepanjang jalan Raya Ir. Soekarno sudah dipadati krama desa  yang hendak mengikuti prosesi melasti Ida Bethara Sasuhunan dari berbagai desa pakraman di Pejeng dan sekitarnya. Di antaranya ada yang mengendarai sepeda motor, mobil maupun puluhan truk.
Hujan deras yang disertai angin kencang pada pagi itu sempat membuat prosesi nedunang Ida Bethara di Pura Penataran Sasih tertunda beberapa saat.  Setelah hujan reda, baru lah prosesi nedunang Ida Bethara dilangsungkan. Iring-iringan Ida Ratu Bethara Pura Penataran Sasih kemudian diikuti seluruh Ida Bethara Sasuhunan di seluruh Pura-Pura yang ada di Desa Pakraman Jero Kuta Pejeng. Kemudian disusul iring-iringan  Ida Bethara Sasuhunan manca-manca di sekitar Pejeng. Sekitar pukul 09.30, seluruh Ida Bethara  Sasuhunan tiba di Pura Tirtha Empul.

Prosesi iring-iringan Ida Bethara ini sempat menarik perhatian wisatawan. Beberapa di antara mereka bahkan rela berdesak-desakan dengan para pemedek untuk mangabadikan momen tersebut menggunakan kamera digital maupun handycamp nya.

Seluruh Ida Bethara Sasuhunan tiba di Pura Tirtha Empul, prosesi upacara pun dimulai. Seluruh rangkaian upacara ini dipuput Ida Pedanda Gede Buruan, dari Geriya Sanding Pejeng.

Setelah seluruh rangkaian upacara berakhir, Ida Bethara Sasuhunan pun “mewali budal” ke Pura masing-masing. Dalam perjalanan menuju Pejeng, Ida Bethara Pura Penataran Sasih serta Ida Bethara Pura-Pura di Desa Pakraman Jro Kuta Pejeng katuran upacara di sejumlah lokasi di sepanjang Desa Pakraman Tampaksiring. Tampak kaum ibu-ibu beserta sejumlah pemangku di masing-masing lokasi berjejer rapi sambil bersimpuh, ngaturan banten kehadapan Ida Bethara Sasuhunan.

Sementara itu, seluruh krama banjar tampak bersemangat mundut Ida Bethara walau menempuh jarak yang luamayan jauh.  Setelah melalui berbagai prosesi upacara di sepanjang perjalanan, Ida Bethara Sasuhunan se-Jero Kuta Pejeng  baru tiba di Pura Penataran Sasih sekitar pukul 14.10 wita.

“Syukur lah berkat  Ida Bethara Sasuhunan,  seluruh rangkaian upacara pemelastian ini berlangsung sukses dan lancar,” pungkas Bendesa Ageng Jero Kuta Pejeng, Cokorda Gde Putra Pemayun. (dey)

Tidak ada komentar: