Minggu, 10 Mei 2020

RUMAH DAN FASUM DISEMPROT DESINFECTAN



PEJENG – Begitu tersiar kabar virus corona mulai mengancam Bali, warga Pejeng langsung bergerak serentak melakukan langkah antisipasi lewat penyemprotan desinfectan. Di bawah komando Satgas Covid-19, penyemprotan desinfectan menyasar fasum (fasilitas umum), pasar tradisional hingga ke rumah-rumah warga. Aksi nyata ini mendapat respon positif dari masyarakat untuk mencegah munculnya kasus Covid-19.
Pantauan di lapangan, penyemprotan desinfectan Lihat saja suasana di jaba Puri Agung Soma Negara setiap Minggu pagi, sejumlah warga utamanya generasi muda tampak berbaur dengan anggota Satgas Covid-19 menyiapkan segala keperluan penyemprotan, mulai dari alat semprot hingga mencampur larutan desinfectan.

Setelah semuanya siap, para relawan tersebut lengkap dengan masker langsung terjun ke lapangan. Dengan penuh tanggung jawab mereka melaksanakan tugasnya, menyemprot satu persatu rumah warga hingga semuanya tuntas.

Sementara itu petugas dari kantor desa menyemprot jalan-jalan di seputaran Desa Pejeng menggunakan sepeda motor viar. Mereka membagi tugas, seorang sebagai pengendara sepeda motor dan dua lagi menyemprot ke arah kiri dan kanan jalan yang dilaluinya. Selain itu, mereka juga rutin menyemprot pasar Pejeng setelah seluruh pedagang tutup sekitar pukul 14.00 wita. Penyemprotan desinfectan untuk rumah-rumah warga ini rutin dilakukan setiap minggu pagi sejak mencuatnya kasus Covid-19 di Bali.  
Sejumlah relawan yang ditemui di lapangan mengaku terpanggil untuk berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran virus corona di Pejeng. ‘’Saya senang bisa terlibat dalam kegiatan (penyemprotan desinfectan) ini, mudah-mudahan bisa membantu mencegah munculnya kasus covid-19,” ujar Dendy Saputra, salah seorang relawan. Sementara relawan lainnya, Dewa mantra berharap pandemi Covid ini bisa segera berlalu.
Sekadar diketahui, aksi penyemprotan desinfectan ini sudah dilakukan sejak sebulan lalu. Biasanya dilakukan setiap Minggu pagi. (Dewa Suamba)

Tidak ada komentar: