Sabtu, 03 Agustus 2013

Porsenides Pejeng Kembali Digelar

Cok Agung (tengah) lepas balon  saat pembukaan Porsenides
di Lapangan Sapta Dharma Pejeng, Sabtu (3/8).
PEJENG, Setelah sempat vakum sekian lama,  kini Pekan Olahraga dan Seni se-Desa (Porsenides) Pejeng kembali digelar. Kegiatan ini dibuka langsung Perbekel Desa Pejeng Cokorda Agung Kusuma Yudha, di lapangan umum Sapta Dharma Pejeng, Sabtu (3/8). Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan  pelepasan balon serta burung merpati.
Porsenides kali ini diikuti sebanyak enam kontingen dari enam banjar yang ada di desa Pejeng, yakni Banjar Intaran, Puseh, Pande, Guliang, Panglan dan Banjar Pedapdapan. Ada pun cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya bola voley, bola kasti, bulu tangkis, tenis meja, basket, dan lainnya. Sedangkan untuk cabang  seni  yang diperlombakan di antaranya mawirama, tari rejang dewa, tari baris gede, ngulat klata sudamala, sengkui dan lainnya.
Perbekel Pejeng Cok. Agung Kusuma Yudha dalam sambutannya mengatakan salut terhadap antusiasme masyarakat Pejeng dalam menyukseskan Porsenides ini .  Menurutnya, event ini bukan semata-mata untuk menggali potensi  bidang olah raga dan seni yang dimiliki warga khusunya para pemuda-pemudi. Namun lebih dari itu, untuk merekatkan rasa persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat. Cok Agung juga mengajak seluruh peserta menjunjung tinggi sportivitas, demi suksesnya event ini.
Pada kesempatan tersebut Cok Agung yang baru kurang lebih setahun menjabat Perbekel  Pejeng, juga menyampaikan berbagai program yang akan dijalankan selama kepemimpinanya. Salah satunya, mengajak seluruh masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan Cok Agung juga punya obsesi menjadikan Pejeng sebagai desa terbersih di Bali.
Selain itu, Cok Agung juga menyampaikan larangan berburu burung di wilayah Desa Pejeng. “Kami akan menerapkan larangan berburu burung di wilayah Pejeng,” tegasnya seraya mengatakan sehubungan dengan itu pula dalam pembukaan Porsenides ini ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Yang menarik, pembukaan Porsenides ini  juga diisi senam aerobic masal yang diikuti seluruh kontingen serta undangan yang hadir. Dan, semuanya bergoyang mengikuti alunan music di bawah komando seorang instruktur senam. (dey)

Tidak ada komentar: