Senin, 25 Februari 2013

Ribuan Umat Pedek Tangkil ke Pura Penataran Sasih Pejeng



Gianyar, Ribuan umat Hindu pedek tangkil ke Pura Penataran Sasih Pejeng, bertepatan dengan piodalan di pura setempat yang jatuh pada Purnamaning Kesanga, Minggu (24/2). Upacara puncak piodalan ini dipuput Ida Pedanda Gede Buruan, Geriya Sanding Pejeng.

Sejumlah pejabat tampak hadir melakukan persembahyangan pada puncak karya di antaranya Bupati Gianyar A.A Gde Agung Bharata, Ny. Bintang Puspayoga serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Gianyar lainnya.

Bupati Agung Bharata pada kesempatan tersebut menyambut antusias, semangat gotong royong krama Desa Pejeng untuk menyukseskan karya piodalan ini. Bupati Agung Bharata mengharapkan seluruh rangkaian karya ini bisa berjalan lancar. “Semoga seluruh masyarakat diberikan keselamatan,” ucapnya.

Upacara piodalan ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali, bertepatan dengan purnamaning kesanga. Dalam upacara ini bukan hanya Ida Bathara sasuhunan se-Jero Kuta Pejeng yang katuran lunga menuju Pura Penataran Sasih, namun juga Ida Bethara sasuhunan manca-manca dari luar Desa Pakraman Jero Kuta Pejeng, seperti Ida Bethara Pura Samuan Tiga, Bedulu, Ida Bethara Pura Agung Tatiapi, Ida Ratu Gede Singapadu, dan lainnya.

Sebelumnya, seluruh krama banjar di wilayah Desa Pakraman Jero Kuta Pejeng telah ngaturan ayah sejak seminggu yang lalu, untuk mempersiapkan segala sesuatunya berkaitan dengan pelaksanaan piodalan ini. 
Pada Sabtu (23/2) petang, seluruh krama se-Jero Kuta Pejeng ngiring Ida Bethara sasuhunan Pura Dalem Tengaling, Pura Pusering Jagat, Pura Kebo Edan, Pura Manikcorong, Merajan Agung, Ida Ratu Mas serta Ida Ratu Agung, lunga ke Pura Penataran Sasih Pejeng.

Setibanya di Pura Penataran Sasih, Ida Bethara katuran segahan agung dilanjutkan dengan prosesi mapurwa daksina di Jeroan Pura. Setelah itu, Ida Bhatara katuran upakara ngenteg linggih. Seluruh rangkaian upacara munggah canang ini dipuput Ida Pedanda Lingsir, Geriya Sanding, Pejeng. Pada kesempatan tersebut juga dilangsungkan upacara pawintenan para pemangku.

Prosesi iring-iringan Ida Bethara menuju Pura Penataran Sasih sempat memacetkan arus lalu lintas jurusan Tampaksiring - Bedulu. Sementara itu pecalang dibantu petugas dari Polsek dan Koramil Tampaksiring tampak bekerja ekstra keras mengatur dan mengalihkan arus lalu lintas, guna menghindari kemacetan yang panjang. (dey)

Tidak ada komentar: