Minggu, 21 Juni 2020

GEMPAR, WARGA POSITIF COVID-19


PEJENG - Suasana Desa Pejeng yang sejak mencuatnya kasus Covid-19 tampak aman dan tenang, mendadak gempar . Itu menyusul­­­­ kabar ada warga positif Covid-19. Menurut informasi, warga tersebut merupakan tenaga medis di sebuah rumah sakit swasta di wilayah Kabupaten Gianyar. 

Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng Cokorda Gede Putra Pemayun menuturkan, sebelumnya ada warga melapor bahwa anggota keluarganya positif Covid-19, Sabtu 20 Juni 2020 malam. Mendapat laporan itu, pihaknya langsung memanggil prajuru banjar serta pihak Satgas Covid-19 Desa Pejeng untuk menentukan langkah pencegahan lebih lanjut. "Baru saja ada warga melapor, anaknya positif (Covid-19)," ungkap Cokorda Gede Putra Pemayun via ponsel, Sabtu malam. 

Kabar ada warga Pejeng positif Covid-19 ini pun cepat menyebar ke seluruh desa keesokan harinya, Minggu, 21 Juni 2020. Seiring dengan itu Satgas Covid-19 Desa Pejeng bersama prajuru adat pun langsung bergerak. Ada yang menghubungi Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Gianyar serta pihak-pihak terkait, mohon agar masalah ini segera mendapat penanganan. 

Tidak berselang lama, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar langsung menjemput warga yang positif Covid-19 tersebut menggunakan ambulance, untuk penanganan lebih lanjut. Saat bersamaan petugas dari kantor Desa Pejeng melakukan penyemprotan desinfectan di lokasi serta rumah-rumah warga di sekitarnya. 

Ketua Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Pejeng Ida Bagus Gede Suryawan mengatakan, pihaknya bersama pecalang langsung melakukan penutupan akses jalan menuju rumah warga yang positif tersebut. "Di ujung barat dan timur gang sudah kami tutup, agar warga di sekitarnya untuk sementara waktu tinggal di rumah sesuai protokol kesehatan," tegasnya. 

Selanjutnya pihaknya akan melakukan penelusuran dan pendataan lebih lanjut terkait orang-orang yang sempat kontak dengan pasien agar dilakukan rapid test. ''Kami harapkan warga jujur dan tidak menutup-nutupi masalah yang adaagar penanganannya bisa lebih cepat,'' ujarnya. 

Terkait masalah ini Bendesa Cokorda Putra Pemayun kembali mengimbau kepada seluruh warga Pejeng agar menaati protokol kesehatan Covid-19. "Kami dari Kebendesaan mengimbau kepada warga masyarakat yang bekerja di perusahaan atau perkantoran agar tetap menaati protokol kesehatan Covid-19 agar tidak sampai terkena virus. Kasihan keluarga, tetangga dan warga desa kita,'' tandasnya. (Dewa Suamba)

Tidak ada komentar: