Selasa, 18 Maret 2014

Pura Penataran Sasih Dipadati Pemedek

Para sutri penuh semangat melakoni prosesi siyat sampian. 
Pejeng, Ribuan pemedek dari berbagai penjuru di Bali memadati Pura Penataran Sasih Pejeng serangkaian pujawali (piodalan) yang jatuh pada Purnamaning Kasanga, Sabtu (15/3) lalu.

Membludaknya umat yang pedek tangkil sempat membuat kewalahan para pecalang bersama-sama petugas Kepolisian Polsek Tampaksiring mengatur arus lalu lintas dari arah selatan menuju Tampaksiring maupun sebaliknya.

Serangkaian piodalan Ida Bethara se-Jro Kuta Pejeng lunga ke Pura Penataran Sasih sehari sebelum puncak karya piodalan, Jumat (14/3) lalu dan akan nyejer hingga Selasa (25/3) mendatang. Sementara Ida Bethara manca-manca dari berbagai Pura di luar Desa Pejeng seperti --Ida Bethara Pura Samuan Tiga, Ida Betahara Ratu Gede Singapadu, serta Ida Bethara dari berbagai desa pakraman sewawengkon Pejeng (Pejeng Kaja, Pejeng Kangin, Pejeng Kelod, Pejeng Kawan)-- lunga bertepatan dengan berlangungnya puncak piodalan, yakni pada Purnamaning Kesanga, Sabtu (15/3). Seluruh Ida Bethara manca-manca tersebut mewali budal Selasa (18/3).

Serangkaian dengan prosesi mewalinya Ida Betahara budal ke Pura masing-masing, digelar berbagai ritual di areal Pura Penataran Sasih. Di antaranya prosesi maombak-ombakan serta siyat sampiyan yang dilakoni para Sutri serta Juru Sirat. Prosesi ini sempat menarik perhatian para pemedek, maupun wisatawan mancanegara.
Tidak seperti tahun lalu, serangkaian piodalan di Pura Penataran Sasih kali ini prosesi pemelastian hanya diadakan di lingkungan Pura alias Ngubeng. (dey)

Tidak ada komentar: