Senin, 17 Agustus 2020

KADER KEBERSIHAN PERINGATI HUT KE-75 PROKLAMASI RI DI TPS PEJENG

 

PEJENG - Semangat nasionalisme warga Pejeng untuk merayakan 17 Agustus di tengah pandemi Covid-19 ini ternyata masih tetap membara. Setidaknya itu terlihat di kalangan kader kebersihan desa. Mereka memperingati HUT ke-75 Proklamasi RI dengan cara yang sangat sederhana, di Tempat Pengolahan Sampah (TPS) desa setempat, Senin 17 Agustus 2020. 

Upacara diawali dengan penghormatan bendera Merah Putih dipimpin langsung Ketua Kader Kebersihan Desa Pejeng Sri Umayanti. Para Laskar Pertiwi itu bersama seluruh undangan yang hadir dengan sikap sempurna memberi hormat kepada Sang Saka Dwi Warna sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Hadir dalam upacara memeringati HUt Pke-75 Proklamasi RI ini Perbekel Desa Pejeng Cokorda Agung Kusuma Yuda, Bendesa Adat Jero Kuta Pejeng Cokorda Gede Putra Pemayun, Ketua PKK Desa Pejeng, Ketua PKK Banjar Adat se-Desa Pejeng, Ibu-Ibu Kaur Se-Desa Pejeng, Babinkamtibas, Yayasan Bumi Sasmaya serta sejumlah mahasiswa KKN Unud. Seluruh rangkaian upacara tersebut berlangsung khidmat. 

Bendesa Cokorda Gede Putra Pemayun dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya sekaligus memuji para kader kebersihan desa yang penuh semangat menggelar upacara bendera serangkaian Proklamasi 17 Agsutus 2020 di TPS ini. 

''Walau sangat sederhana, tapi kita selalu tetap ingat akan jasa-jasa para leluhur dan pahlawan bangsa yang berjuang sampai titik darah penghabisan, mengusir penjajah demi tegaknya NKRI," ujarnya. 

Pada kesempatan itu Cokorda Bendesa memberi apresiasi kepada seluruh kader kebersihan yang gigih mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan desa. Cokorda Bendesa berharap kepada seluruh kader kebersihan agar selalu menjaga kondisi kesehatannya, apalagi seringkali bersentuhan dengan sampah. Dan yang tidak kalah pentingnya, pada saat menjalankan tugas seluruh kader kebersihan agar selalu menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. 

Sementara itu, Ketua Kader Kebersihan Desa Pejeng Sri Umayanti mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif seluruh "Laskar Pertiwi" (julukan kader kebersihan) dalam rangka memperingati HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI. ''Kami rayakan secara sederhana, yang terpenting adalah bagaimana kita sebagai warga negara menghormati jasa-jasa para pahlawan bangsa," ucapnya. 

Sri Umayanti juga menyinggung soal keberadaan kader kebersihan yang dipimpinnya serta TPS yang hingga kini telah mampu memproduksi kompos sebanyak 2 ton. Baru berdiri beberapa bulan sudah melakukan berbagai gebrakan, mengajak warga masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan memilah sampah organik, maupun sampah anorganik seperti plastik, kaleng bekas dan sebagainya yang berbahaya bagi lingkungan. (DEWA SUAMBA)

Tidak ada komentar: