Sabtu, 25 April 2020

PEJENG KAWASAN WAJIB MASKER


PEJENG - Banyak cara ditempuh Satgas Covid-19 Desa Pejeng untuk memerangi virus corona. Selain menggencarkan sosialisasi, juga mewajibkan penggunaan masker bagi warga yang hendak memasuki wilayah Desa Pejeng. Untuk mengingatkan warga, Satgas Covid-19 memasang spanduk bertuliskan "ANDA MEMASUKI KAWASAN WAJIB MENGGUNAKAN MASKER". Spanduk tersebut dipasang di sejumlah lokasi strategis agar mudah dibaca warga. 

Sebagaimana diketahui, virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Seseorang dapat tertular Covid-19 melalui berbagai cara, seperti tidak sengaja menghirup percikan ludah yang keluar saat penderita Covid-19 batuk atau bersin. Selain itu, bisa lewat kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan ludah penderita Covid -19 juga bisa menyebabkan seseorang tertular virus corona. Oleh karena itu, penggunaan masker serta rajin mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu cara efektif mencegah serangan virus corona ini. 


Apa yang ditempuh Satgas Covid-19 ini untuk menindaklanjuti Instruksi Bupati Gianyar No. 140/928/DPMD/2020 tentang Percepatan Penanganan dan Pencegahan Penularan Corona Virus Deseases 2019 (Covid-19) di desa / Kelurahan se-Kabupaten Gianyar serta Kesepakatan Bersama Perbekel Pejeng dan Bendesa Adat se-Desa Pejeng No. 443/53/Dp/III/2020. 
"Bagi masyarakat Desa Adat Jero Kuta Pejeng yang tidak menggunakan masker, akan dikenakan sanksi berupa denda Rp. 20.000," demikian Ketua Satgas Gotong Royong Pencegahan Covid-19 Desa Pejeng Ida Bagus Gede Suryawan. 
Pada awal pemberlakuan wajib masker ini seluruh pintu masuk menuju Desa Pejeng dijaga ketat anggota Satgas Covid-19. Sejumlah warga yang melanggar pun ditindak, diawali dengan pembinaan agar menggunakan masker. Rupanya langkah-langkah yang diambil guna mencegah penularan Covid-19 ini cukup efektif. Buktinya, seluruh warga masyarakat yang hendak keluar rumah semua taat menggunakan masker. (Dewa Suamba)

Tidak ada komentar: