Jumat, 31 Juli 2015

PIODALAN DI PURA PUSERING JAGAT




KARYA padudusan lan piodalan di Pura Pusering Jagat, Pejeng dilangsungkan Kamis (30/7) bertepatan dengan Purnamaning Karo. Ribuan pemedek tampak memadati areal Pura Pusering Jagat hendak melakukan persembahyangan.


Saking banyaknya pemedek yang tangkil menyebabkan areal utama mandala atau jeroan  pura penuh sesak. Sejumlah pemedek kemudian sembahyang di jaba tengah. Meski demikian, seluruh rangkaian upacara yang dipuput Ida Pedanda Griya  Sanding Anyar ini berlangsung khidmat dan lancar.

Serangkaian karya padudusan ini sebelumnya telah dilangsungkan berbagai prosesi, di antaranya Ida Bethara mabejian ke beji Tukad Kelebutan. Sementara sehari sebelumnya upacara munggah canang setelah Ida Bethara dari sejumlah Pura di Pejeng tiba di Pura Pusering Jagat. Termasuk pula Ida Sesuhunan Ratu Mas serta Ida Ratu Gede Singapadu.

Ada pun yang mendapat giliran ngayah dalam karyaa ini adalah Krama Banjar Pande dan Banjar Puseh. Seluruh krama tampak antusias ngayah demi lancar dan suksesnya karya padudsan ini. Serangkaian karya padudusan lan piodalan di Pura Pusering Jagat ini Ida Bethara nyejer hingga 5 Agustus 2015.

Berbagai ilen-ilen digelar serangkaian karya padudusan ini. Salah satunya yang ditunggu-tunggu warga adalah pentas Calonarang. (dey)

Tidak ada komentar: